POSTING TERBARU

Tak Hanya Rilis Film, Zaskia Adya Mecca juga Luncurkan Buku 'Hijab'

Posted by

Zaskia Adya Mecca baru saja merilis proyek film pertamanya yang sudah tayang untuk publik sejak Kamis (15/1/2015). Di film dengan judul 'Hijab' tersebut, wanita 27 tahun itu tidak hanya beraksi sebagai pemain tapi juga produser. Zaskia mengatakan ide pembuatan film drama-komedi ini sebenarnya sudah sejak dua tahun lalu tapi baru bisa dirilis di awal 2015.

Banyak hal yang perlu dipertimbangkan untuk membuat film wajib ditonton. Sang suami Hanung Bramantyo tidak ingin proyek pertama 'Dapur Film' tersebut hanya memiliki cerita yang biasa dan kurang menarik perhatian masyarakat. Oleh karena itu, Zaskia terus mengembangkan ide yang dimilikinya hingga memutuskan untuk membuat film tentang bagaimana menghadapi permasalahan rumah tangga saat penghasilan istri lebih besar dari suami. 

Semua karakter istri mengenakan hijab tapi dengan alasan yang berbeda-beda. Meskipun temanya tampak 'berat' tapi cerita dibuat ringan dan menghibur. Karena ini proyek pertamanya sebagai produser, Zaskia tidak ingin film hanya berlalu begitu saja. Maka dari itu, ia juga meluncurkan buku 'Hijab' yang diakuinya memiliki cerita lebih detail dari film.

"Aku buat novelnya juga, novelnya yang nulis Ninit Yunita penulis 'Test Pack', novelnya aku buat dari sudut perempuan berbeda dengan filmnya yang dibuat dari sudut pandang laki-laki. Novelnya dibuat lebih detail dari adegan di film karena aku ingin buat yang beda. Kalau film kita juga terbatas sama durasi," tutur Zaskia saat berbincang dengan Wolipop di Pejaten Village, Senin (12/1/2015).

Zaskia menjelaskan, novel memang sengaja dibuat dari sudut pandang perempuan agar ceritanya sedikit berbeda daripada filmnya. Cerita dalam novel lebih rinci daripada adegan di filmnya. Jika novel ditulis oleh seorang wanita, penulis naskah ditulis oleh suaminya sendiri, Hanung bersama salah satu temannya. 

Naskah sengaja ditulis dari sudut pandang laki-laki agar film tak hanya bisa dinikmati oleh wanita tapi juga pria. Zaskia mengatakan bahwa film sekaligus novel 'Hijab' cocok untuk pasangan. Menurutnya, cerita di film ini akan menggambarkan perasaan pria dan wanita ketika pekerjaan menjadi masalah dalam rumah tangga.

"Ini ide cerita dari aku tapi aku suruh Mas Hanung yang nulis, kenapa aku suruh Mas Hanung karena aku pengen ini cerita dari ide perempuan ditulis sama laki-laki, bisa dibilang ini curhatnya laki-laki. Ini laki-laki banget bisa nonton dan seolah mewakili perasaannya," papar pemilik label fashion hijab 'Meccanism' itu.

Novel 'Hijab' sebenarnya sudah diluncurkan sejak seminggu lalu dan telah dipasarkan di Gramedia. Buku dengan tebal kurang lebih 300 halaman itu dijual dengan harga Rp 45 ribu. 




Setelah pembuatan novel, Zaskia juga berencana akan membuat film 'Hijab' menjadi serial namun ia belum bisa memastikan apakah impiannya tersebut bisa diwujudkan atau tidak.


Blog, Updated at: 00.43

0 komentar:

Posting Komentar